Jakarta,Mekraf.id – Merespon dinamika harga bawang dan cabai, khususnya cabai rawit merah yang terus meningkat signifikan, Kementerian Pertanian melalui Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) melakukan gelar pangan murah (GPM) bawang merah, cabai rawit merah, cabai merah keriting dan bahan pangan pokok strategis lainnya tahap III mulai 6 – 8 Juli 2022.

“Kegiatan GPM bawang dan cabai rencananya akan dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta, yaitu di PMT/TTIC Pasar Minggu, Pasar tradisional di DKI Jakarta, serta di Kantor Kelurahan dan Rusun di DKI Jakarta. Setiap hari minimal dilaksanakan di delapan titik selama 3 hari berturut-turut,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Retno Sri Hartati Mulyandari, Kamis (7/7).

Lokasi ini, lanjut Retno antara lain di Rusun Cipinang Selatan, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, Kantor Kelurahan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Kantor Kelurahan Petojo Selatan, Jakarta Pusat, Rusun Nagrak, Kel. Merunda, Kec. Cilincing, Jakarta Utara, Kantor Kelurahan Koja, Jakarta Utara, Rusun Pengadegan, Pancoran – Jakarta Selatan, Kelurahan Manggarai Selatan, Tebet – Jakarta Selatan dan Rusun Tipa Cakung, Cakung Barat – Jakarta Timur.

“Gelaran bawang dan cabai ini merupakan agenda jangka pendek untuk memudahkan masyarakat mengakses bawang merah dan cabai yang terjangkau harganya, serta untuk menstabilkan pasokan dan harga bawang merah dan cabai di pasaran, khususnya di wilayah DKI Jakarta,” terang Retno.

Gelaran pangan murah ini juga menyediakan komoditas pangan pokok strategis lainnya, seperti beras segar TTI, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gula pasir, minyak goreng, telur ayam ras dan daging sapi.

“Dalam GPM kali ini, cabai rawit merah dijual dengan harga Rp 80 ribu/kg, jauh di bawah harga di pasar eceran yang saat ini mencapai di atas Rp 100 ribu/kg. Sementara itu cabai merah keriting dijual seharga Rp 70 ribu/kg, bawang merah Rp 52 ribu/kg, bawang putih Rp 18 ribu/kg, ayam ras Rp 34 ribu/kg, daging sapi Rp 85 ribu/kg, gula pasir Rp. 13 ribu/kg, minyak goreng Rp 41 ribu/2 liter, beras segar Rp 9 ribu/kg dan telur Rp. 26 ribu/kg,” ujar Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Bambang Sugiharto.

Selain melakukan penjualan langsung di PMT, kata Bambang, juga menggencarkan penjualan online yang bekerja sama dengan jasa pelayanan penjualan dan pengantaran online seperti GoFood/GoMart, GrabMart, dan Mitra Bukalapak.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan hingga bawang dan cabai mencapai posisi harga yang stabil dengan tujuan untuk membantu masyarakat mendapat bawang merah dan cabai yang dalam beberapa waktu terakhir mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Bila kebutuhan pangan di Jakarta terpasok dengan baik maka keseimbangan harga terjaga. Apabila inflasi di Jakarta terjaga, maka inflasi nasional juga terjaga,” pungkasnya.