Gelar Pangan Murah (GPM) Kementerian Pertanian masih terus berjalan di 34 provinsi di seluruh Indonesia hingga mendekati Idul Fitri nanti. Hal ini merupakan bentuk komitmen dari Kementan di bawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk terus menjaga serta mengawal ketersediaan dan harga bahan pangan pokok/strategis agar tetap stabil juga mencukupi kebutuhan masyarakat.

Diamanahkan menjadi penanggung jawab GPM di Pulau Kalimantan, Direktorat Jenderal Hortikultura bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel kembali menggelar GPM Pasar Murah Ramadhan di Provinsi Kalsel. GPM kali ini diselenggarakan di depan kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kalsel, Banjarbaru, Rabu (27/4).

Saat dihubungi secara terpisah, Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemprov Kalsel atas kerja sama dan bantuannya sehingga acara GPM ini berlangsung lancar.

“Gelar Pangan Murah ini kami selenggarakan sebagai upaya dalam mengendalikan harga bahan pangan pokok menjelang Idul Fitri. Dengan begitu, masyarakat dapat membeli kebutuhan bahan pangan pokok dengan harga murah. Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalsel atas kerja sama dan bantuannya dalam menyelenggarakan Gelar Pangan Murah,” ujar Prihasto.

Kepala Disbunak Kalsel, Suparmi menyatakan bahwa masyarakat sangat antusias menyambut GPM ini. Apalagi, bahan pangan pokok/strategis yang dijual di GPM dibanderol dengan harga yang lebih murah dari pasar.

“Hampir seluruh bahan pangan di Gelar Pangan Murah ini dijual dengan harga di bawah pasar. Masyarakat tentunya antusias sekali karena bisa membeli bahan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau,” papar Suparmi.

Kegiatan seperti GPM ini merupakan agenda tahunan SKPD lingkup pertanian menjelang Idul Fitri. Dari 30 stan lebih yang ada di GPM, hampir semuanya terjual habis hanya dalam beberapa jam. Adapun, bahan pangan pokok yang paling banyak diburu masyarakat, di antaranya telur, beras, ikan dan daging yang memang dijual murah. Selain menjual bahan pangan murah, Direktorat Jenderal Hortikultura melalui stan Dinas TPH Provinsi Kalsel juga turut membagikan paket sayuran segar secara gratis kepada masyarakat yang hadir.

Salah satu pengunjung yang hadir di GPM, Saidah mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat baik dan perlu untuk diadakan secara rutin agar masyarakat bisa mengakses bahan pangan murah. Saidah juga menyatakan rasa terima kasihnya kepada Mentan SYL, Kementan, dan Pemprov Kalsel untuk GPM ini.

“Acara ini sangat baik sekali. Bagus. Barang yang dijual juga lengkap, semuanya ada. Ditambah ada juga pembagian sayuran gratis. Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian dan Pemerintah Daerah Kalsel,” pungkas Saidah.