Jelang lebaran tahun ini, Kementerian Pertanian secara serentak melaksanakan kegiatan Gelar Pangan Murah di 34 provinsi, tak terkecuali di Balikpapan – Kalimantan Timur. Menggandeng TNI dan Dinas Pertanian setempat, selain menjual berbagai bahan pangan pokok seperti beras, minyak goreng, daging, gula dan terigu. Acara juga diramaikan dengan pembagian sayuran segar dan vaksinasi gratis kepada pengunjung. Tak pelak, masyarakat Balikpapan menyambut antusiasme acara yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tersebut.

Kementerian Pertanian menyebut Gelar Pangan Murah tersebut bukanlah bentuk operasi pasar, namun sebagai wujud perhatian pemerintah guna meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Tak berhenti pada gelaran tersebut, pihaknya berkomitmen akan terus berkolaborasi dengan TNI/Polri dan pihak-pihak terkait dalam menjaga ketersediaan pangan di wilayah Kalimantan Timur.

“Ini adalah bentuk ekspresi kecintaan dan cara pemerintah untuk senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat yang saat ini sedang membutuhkan bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto dalam pesan tertulis, Kamis (28/4).

Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian atas terselenggaranya Gelar Pangan Murah. Acara yang berlangsung di halaman Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Jalan Marsma Iswahyudi No 81 Damai Bahagia ini ramai dipadati pengunjung.

“Masyarakat Balikpapan sangat berterima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian atas kegiatan Gelar Pangan Murah ini. Sangat membantu masyarakat, terlebih di saat sedang menyambut lebaran seperti ini. Kalau bisa dilaksanakan secara rutin, ini bisa membantu menekan inflasi di Kota Balikpapan,” ujar Rahmad.

Pihaknya menghimbau masyarakat untuk tidak berlebihan dalam berbelanja karena bisa mempengaruhi harga secara umum. “Jadi belanja secukupnya saja,” himbaunya.

Di lokasi yang sama, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Inf. Faizal Rizal mendukung penuh upaya Kementan dalam pemenuhan ketersediaan pangan masyarakat khususnya di Kota Balikpapan. “Urusan perut rakyat ini sangat vital. TNI AD selama ini senantiasa sejalan dengan program-program Kementan, mulai dari cetak sawah, upsus pajale dan sebagainya. Kodim siap mendukung upaya Kementerian Pertanian maupun pemkot dalam mengamankan pangan di Balikpapan,” tegas Faizal.

Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Hortikultura Kalimantan Timur, Siti Farisyah Yana menyebut Gelar Pangan Murah di wilayahnya rutin dilaksanakan setiap tahun di berbagai kabupaten/kota. Setiap tahun pihaknya menggelar event sejenis di berbagai kabupaten/kota di Kaltim menggandeng mitra Bulog, RNI, Toko Pasar Tani, BUMD hingga swasta. Selain itu petani juga difasilitasi dan dilibatkan agar bisa menjual langsung hasil panennya.

“Ini upaya konkret untuk membantu masyarakat, apalagi pelaksanaan gelar pangan murah tahun ini Kementerian Pertanian Republik Indonesia ikut terjun langsung dalam melaksanakannya secara kolaboratif sehingga menjadi momentum kebersamaan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota serta TNI/Polri untuk hadir di tengah-tengah masyarakat Kaltim. Ini sekaligus jadi kegiatan yang monumental dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H,” pungkas Siti.