Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), harga pangan cenderung mengalami kenaikan karena adanya peningkatan permintaan. Guna menjaga stabilitas harga, Pasar Mitra Tani (PMT)/Toko Tani Indonesia Center binaan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian menyelenggarakan Gelar Pangan Murah (GPM) pada Minggu (17/4) di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.

Lurah Kelapa Dua Wetan, Sri Mulyati mengungkapkan bahwa GPM ini merupakan permintaan langsung dari warganya untuk mendapatkan akses pangan berkualitas.

“GPM ini merupakan realisasi dari permintaan warga kami untuk mendapatkan bahan pangan pokok dan strategis dengan harga terjangkau,” ujar Sri.

Gelaran GPM ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat sekitar karena harga yang dipatok jauh lebih murah dari harga pasar. Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), untuk mengawal ketersediaan pangan pokok di daerah dengan melibatkan secara aktif Pasar Mitra Tani (PMT)/Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

“Keberadaan PMT/TTIC ini diharapkan dapat berperan memperpendek rantai pasok dengan mendekatkan sumber produksi pangan, sehingga mudah diakses masyarakat dengan harga terjangkau, terutama pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri ini,” ungkap Prihasto, saat dihubungi secara terpisah.

Dalam kegiatan GPM ini, PMT/TTIC menjual berbagai komoditas pangan yang dibutuhkan masyarakat, terutama bahan pangan pokok/strategis. Harga beras premium (Rp 45.000-55.000/kg), minyak goreng (Rp 22.000/liter), gula pasir (Rp 13.500/kg), bawang merah (Rp 24.000/kg), bawang putih (Rp 22.000/kg), cabai keriting (Rp 25.000/kg), cabai rawit (Rp 25.000/kg), telur ayam (Rp 23.300/kg), daging sapi (Rp 85.000-95.000/kg), dan daging ayam beku (Rp 31.000/kg).

Penjualan pangan murah tidak hanya dilakukan di outlet PMT/TTIC saja, tetapi turut digelar di sejumlah titik lokasi yang mudah dijangkau masyarakat, serta menyediakan layanan pesan-antar menggunakan berbagai aplikasi daring. Beberapa GPM yang telah dilakukan seperti di Kemenko pada tanggal 4-5 April 2022, di Kecamatan Bogor Timur dan Kelurahan Grogol Jakarta Barat pada 14 April 2022.

“Tren permintaan bahan pangan memang biasanya mengalami kenaikan jelang Idul Fitri. Oleh karena itu, kita bantu memfasilitasi masyarakat melalui Gelar Pangan Murah di beberapa lokasi untuk mendekatkan bahan pangan berkualitas langsung ke masyarakat,” pungkas Direktur Perbenihan Hortikultura dan Koordinator TTIC, Inti Pertiwi Nashwari.