KASONGAN, Mekraf.id – Pemerintah Pusat melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II kini sedang melaksanakan kegiatan Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) atau merehab pembangunan saluran irigasi serta pembangunan lainnya, di empat desa wilayah Kecamatan Katingan Kuala.

Kegiatan SIMURP yang akan dilaksanakan selama tiga tahun ini, mendapat apresiasi dari kalangan DPRD Katingan.

“Kami menyambut baik kegiatan pembangunan ini. Kita bersyukur, sebab informasi yang kita terima, hanya ada dua daerah di Indonesia yang mendapatkan kegiatan ini. Salah satunya dilaksanakan di Kabupaten Katingan,” kata Anggota DPRD Katingan Yudea kepada Kalteng Pos, Jumat (13/5/2022).

Program ini jelas Yudea, sangat membantu para petani di wilayah lumbung padi Kabupaten Katingan. Sebab saluran irigasi yang dibangun sebelumnya, banyak terjadi pendangkalan.

“Jadi ini sangat bagus sekali kita mendukung program ini. Agar pertanian di wilayah Katingan Kuala ini bisa lebih moderen lagi,” ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Katingan II yang meliputi Kecamatan Tasik Payawan, Kaipang, Mendawai, dan Katingan Kuala.

Dia berharap program ini bisa dilaksanakan dengan sebaiknya, dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Katingan.

“Semoga kegiatan ini bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan para petani, dan benar-benar memberikan manfaat bagi para petani kita kedepan,” ujarnya (NF)