Garut,Mekraf.id – Gerakan penanaman Kacang Tanah dilaksanakan dengan memilih dua lokasi penerima bantuan benih kacang tanah dari Kementerian Pertanian, yaitu di Poktan Harapan Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk seluas 12 Ha dan di Poktan Karya Cempaka Desa Karyasari Kecamatan Cibalong 12 ha pada hari Rabu (24/8) lalu.

Rahayu,  Koordinator Aneka Kacang Lain menyampaikan bahwa bantuan benih kacang tanah diberikan karena para petani masih menggunakan kualitas benih yang rendah sehingga menyebabkan provitas rendah, karena itu program pengembangan dan fasilitasi pemerintah terus diupayakan untuk meningkatkan produktivitas dan produksi kacang tanah.

Bantuan dari Kementan untuk budidaya kacang tanah seluas 1.327 Ha dan kacang hijau seluas 1.399 Ha dan khusus Kabupaten Garut memperoleh bantuan kacang tanah seluas 350 Ha dan kacang hijau seluas 387 Ha. Seluruh benih kacang tanah yang disalurkan adalah varietas Situraja DM-1 sedangkan kacang hijau varietas Vima-1 yang merupakan benih insitu dari Jawa Barat. “Dari Jawa Barat untuk Jawa Barat, ” tutur Rahayu.

sementara itu Kasi Akabi Distan Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar, Ujang Suhadi, menuturkan bahwa Jawa Barat salah satu sentra kacang tanah di Indonesia dan  data produksi kacang tanah Tahun 2021 sampai dengan bulan September dengan luas pertanaman 24.099 Ha, sedang luas panen 21.658 Ha dan  produktivitas sebesar 16,49 Ku/Ha dan produksi jabar sebesar 35.712 ton.

Produksi kacang tanah Kab. Garut pada Tahun 2021 berada di posisi pertama untuk Jawa Barat dengan produksi sebesar  18.638 ton dari luas panen seluas 10.147 ha dan produktivitas sebesar 18,37  ku/ha.

“Karena itu, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktorat Akabi Kementerian Pertanian telah mendukung peningkatan produksi aneka kacang dan umbi di Jawa Barat melalui berbagai bantuan sarana produksi kepada petani, semoga dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan petani Jawa Barat,” pungkasnya.

Acara Gerakan dihadiri oleh Direktur Akabi yang diwakili Koordinator Aneka Kacang Lain Rahayu bersama Kadistan TP dan Hortikultura Prov Jabar yang diwakili Kasi Akabi Distan TPH, Ujang Suhadi dan Distan kabupaten garut beserta para Petugas PPL , Camat, Babinsa hingga perangkat desa setempat dengan anggota kelompok tani penerima bantuan.