Sumsel, Mekraf.id– Kementerian pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP),proyek SIMURP diyakini bisa meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan para petani.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menyampaikan keyakinannya tersebut ketika menanggapi Rapat Evaluasi dan Monitoring Kegiatan SIMURP tahun 2020.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan SIMURP di daerah irigasi Rawa (DIR). Lewat kegiatan ini, kita berharap terjadi peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani. Sehingga pertanian di Sumatera Selatan akan lebih maksimal lagi,” ucapnya.

Dalam Rapat Evaluasi dan Monitoring Kegiatan SIMURP tahun 2020  yang digelar Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel Dedi Nursyamsi juga berharap bisa menjadi pedoman perbaikan proyek SIMURP kedepannya.

“Semoga kegiatan ini berjalan sesuai target dan harapan kita bersama. Apalagi ada dukungan dari Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura. Kami yakin proyek SIMURP bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani,” urainya

Dedi Nursyamsi menambahkan, BPPSDMP Kementerian Pertanian merupakan instansi pemerintah yang bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap penyelenggaraan penyuluhan pertanian. 

“Yang salah satunya berupa layanan penyuluhan yang berfokus pada adaptasi teknologi baru oleh petani,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan, Antoni Alam, mengatakan proyek SIMURP difokuskan pada Climate Smart Agriculture (CSA). 

“SIMURP dilaksanakan guna menjawab salah satu tantangan dalam peningkatan produksi pangan di tengah perubahan iklim yang berdampak terhadap keberlanjutan produksi dan ketahanan pangan. Pada dasarnya CSA merupakan pendekatan pada pengembangan strategi pertanian untuk mengamankan ketahanan pangan berkelanjutan dalam menghadapi kondisi perubahan iklim,” katanya. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga turut berharap SIMURP bisa mendukung pengembangan pertanian.

“Kementerian Pertanian memiliki semangat untuk menyejahterakan petani. Oleh karena itu, kita berharap proyek SIMURP juga mendukung hal tersebut,” tutupnya.