Humbahas, Mekraf.id – Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa Food Estate seluas 215 hektare telah memasuki masa panen. Mewakili Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), beliau berpesan kepada masyarakat Desa Ria-Ria untuk tetap semangat karena berkah yang selama ini dinantikan oleh semua orang, yaitu panen di lokasi Food Estate Humbang Hasundutan (Humbahas) terus berlangsung meski bertahap.

Dalam sambutannya, Doktor Ilmu Tanah Universitas Putra Malaysia itu mengharapkan hadirnya akademisi untuk mengembangkan program super prioritas pertanian nasional ini.

“Adik-adik mahasiswa, silakan datang ke sini untuk melakukan riset. Anak muda harus hadir untuk memajukan pertanian. Dari FE (food estate-red) di Humbang Hasundutan ini akan banyak sekali objek riset yang bisa dilakukan,” ujar Anton, sapaan akrabnya.

Keberhasilan panen bawang merah secara bertahap yang dihadiri oleh perwakilan Gubernur Sumatera Utara, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Off Taker, Unsur Muspida dan para Guru Besar Fakultas Pertanian USU ini mendapat apresiasi dari masyarakat Humbang Hasundutan. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya ratusan petani yang menyaksikan panen perdana bawang dengan mengajak keluarga mereka.

Bupati Humbahas menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kementerian Pertanian dan seluruh instansi terkait yang dengan sukarela hadir di daerah pemerintahannya untuk mendampingi petani.

“Terimakasih Pak Jokowi, Pak Mentan, Pak Menko Marves, Pak Dirjen, adik-adik mahasiswa, telah bersama-sama menyukseskan Food Estate ini. Sejak dunia ini ada, 90 persen lahan food estate ini belum pernah diolah. Jadi, kami sangat terbantu dengan program ini,” ungkapnya.

Bupati dua periode itu juga mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan keberlanjutan program super prioritas nasional ini. Beliau menambahkan, tanpa adanya partisipasi aktif khususnya dari petani, maka Food Estate tidak mungkin bisa mencapai kondisi seperti saat ini.

Senada dengan Bupati Humbahas, ketua Kelompok Tani Ria Bersinar, Haposan Siregar sangat antusias melihat rekan petani di lokasi Food Estate Humbang Hasundutan panen hari ini (9/3).

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah karena dulunya lahan ini adalah semak belukar, lahan tidur. Sekarang sudah seperti ini. Kami ini sangat senang bisa panen dan diperkirakan bisa mencapai 10,3 ton per hektare,” terangnya.

Sebagai tambahan informasi, angka provitas ini masih lebih tinggi dari angka rata-rata nasional pada 2020.