Jakarta, Mekraf.id – Pemerintah Kabupaten Brebes Jawa Tengah siap menanam satu juta bibit pohon kopi arabika gayo aceh di Lereng Gunung Slamet, Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog. Penanaman ini menjadi bagian dari penghijauan Lereng Gunung Slamet.

Aksi penghijauan di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes ini dilakukan sebagai upaya pencegahan bencana longsor.

“Penghijauan di lereng Gunung Slamet ini untuk mencegah bencana alam tanah dengan mengembalikan fungsi hutan Perhutani KPH Pekalongan Barat dan hutan masyarakat, dimana nantinya hasilnya juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat karena yang ditanam adalah jenis pohon produksi yaitu bibit kopi arabika khas Gayo Aceh,” Ujar Bupati Brebes Idza Priyanti.

Baca Juga :

Konsumsi Buah Matang Alami, Tingkatkan Imunitas Diri

Menurut Idza, penanaman sejuta bibit pohon kopi juga merupakan pengembangan sekaligus peremajaan hutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan.

Sementara Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, menjelaskan, pihaknya sangat mendukung upaya Perhutani KPH Pekalongan Barat dan pemerintah kabupaten dalam rangka meremajakan lereng Gunung Slamet seluas 350 hektare.

“Penghijauan ini akan dilakukan secara bertahap selama 3 tahun untuk menanggulangi bencana alam tanah longsor,” ujar Haikal.

Ia meminta pula agar masyarakat ikut menjaga bibit pohon yang telah ditanam. Sebab, masyarakat setempat dan sekitarnya juga yang nantinya bisa ikut menikmati hasilnya dengan menggarap lahan Perhutani tersebut.